I’m just a man, just the ordinary one like the other peole but with unique personality. Trying to make my way in the Universe, to find the true and real life.
So give me your hand and I have more and more to give you…

Ruzzm4nPada awalnya rekan-rekan dikantorku sering manggil saya dengan panggilan Rus atau Mas Rus karena nama belakangku Rusmana. Namun ada beberapa yang mungkin tujuannya agar lebih menguatkan sehingga memanggil saya dengan panggilan “Ruz” (bukan pake huruf s). Sejak saat itu nama panggilan saya menjadi Ruz dan nickname saya selalu dikaitkan dengan nama tersebut seperti RuzzMan atau RuzzBoy.

Sebetulnya nama panggilan saya sejak kecil bukanlah Ruz , melainkan nama panggilan yang jauh lebih mudah di ingat dan kebetulan sama dengan panggilan salah seorang da’i kondang yang juga berasal dari kota kelahiran saya, Bandung, yaitu KH. Abdullah Gymnastiar atau biasa dipanggil AA Gym.

Ya, nama panggilan saya “AA” karena nama lengkap saya Aa Rusmana. Nama ‘Aa’ lebih dikarenakan saya adalah kakak dari Adik kembar saya ‘Ade’ (dalam kebiasaan di sunda kakak biasa disebut ‘Aa’ dan adik disebut ‘Ade’) yang bertujuan untuk membedakan mana kakak dan mana adik. Setidaknya itulah penjelasan orang tua ketika ditanya asbabun nuzul nama tersebut.

Namun justru karena Aa dalam bahasa sunda berarti “kakak”, maka beberapa enggan memanggil nama tersebut. Mungkin karena mereka merasa lebih tua sehingga seharusnya saya lah yang manggil mereka ‘Aa’ (kakak) 🙂.

Tapi ada juga yang enggan manggil dengan nama tersebut karena kalo dipanggil “Mas Aa” katanya hiperbola, terlalu berlebihan, dah dipanggil Mas dipanggil Aa juga. Tapi kalo di kota kelahiran saya, Bandung, saya merasa beruntung karena semua orang rata-rata sudah kenal nama saya. Bagaimana tidak, kemanapun saya pergi orang selalu memanggil dan menegur saya dengan panggilan ‘A’ (panggilan kecil dari ‘AA’). Seperti bade kamana ‘A, tos uih timana ‘A dsb.

Oya pendidikan saya biasa-biasa saja, dari TK 1 tahun, masuk SD Sejahtera II selama 6 tahun, Lalu ke SMP 1 Bandung 3 tahun dan SMA 9 Bandung juga 3 tahun, ga lebih dan ga kurang. Selanjutnya saya meneruskan kuliah di PIRANTI POLTEK ITB Bandung — Sekarang dah ganti menjadi POLITEKNIK BANDUNG (POLBAN)–.

Pada awal saya bekerja justru tidak ada hubungan langsung dengan bidang komputer yang selama ini saya geluti di tempat kuliah, tapi saya suka diperbantukan kalo ada kendala dengan komputer. Dan baru sekitar Juli ’97 saya bekerja di salah satu ISP di Bandung dan mulai dari situlah saya merasa cocok bekerja sesuai dengan bidang saya sampai sekarang.

Sejak saat itu saya berpindah-pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain yang bidangnya hampir sama yaitu IT (bisa dilihat dari CV saya di sini). Namun saat ini saya bekerja di perusahaan yang non IT tapi tetap bekerja sebagai tenaga IT.

Dalam pekerjaan sehari-hari saya lebih banyak menggunakan Open Source karena selain tidak perlu dipusingkan dengan masalah lisensi — seperti kalau kita menggunakan Microsoft — saya bisa belajar banyak karena salah satu keuntungan dari Open Source yang menggunakan lisensi GNU General Public License adalah kita diperkenankan untuk melihat kode sumbernya dan bahkan memungkinkan untuk merubahnya namun dengan tetap mencantumkan copyright dari pembuat script sebelumnya.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Operating System (OS) Linux. Seperti saat ini komputer yang saya gunakan untuk keperluan bekerja sehari-hari menggunakan Mandriva 2007. Sebelumnya saya telah menggunakan Mandrake, Redhat, Ubuntu, Sushe dan sempat juga mencoba gento (tapi ga diterusin) dan akhirnya balik ke Mandriva. Dan untuk server saya menggunakan Slackware dan Fedora Core.

Namun setelah mengenal blog ternyata saya mulai tersadar bahwa ternyata ada “dunia lain” selain IT seperti kuntilanak, suster ngesot.. *alah ko jadi ngaco..!!* yang selama ini kurang saya “jamah”. Ternyata ada sesuatu dalam diri saya yang selama ini kurang saya sadari yaitu keiingin untuk menulis…

Ya, walopun baru sebatas keinginan tapi paling tidak bisa menjadi modal yang kuat untuk menulis. Karena kalo untuk menjadi penulis yang handal saya merasa tidak punya bakat untuk itu.

Oya, saat ini saya bekerja dan berdomisili di Jakarta. Entah angin apa yang membawa saya datang ke Jakarta padahal dulu saya paling enggan untuk diajak kerja di Jakarta. Saya lebih senang kerja dan tinggal di kota kelahiran saya Bandung yang sejuk dan tenang daripada harus berpanas-panas dan bermacet-macet di Jakarta. Tapi yang Maha Pemberi rejeki menentukan lain.

7 Responses to “Profil”

  1. Aa Gam Says:

    hehehe.. sama2 Aa nya :p Tapi kalo aku karena namanya mirip Aa Gym , jadi diplesetin sekalian.
    btw, sudah saya link🙂

    ruzzm4n; Terima kasih Aa Gam atas kunjungannya. Ya walaupun sama-sama ada unsur “AA” tapi beda rezeki🙂. Tapi insya Allah rezeki mah sudah ada yang ngatur, betul?.Btw itu nama “GAM” tidak ada hubungannya sama yang di Aceh kan :-)?

  2. donapiscesika Says:

    makasih ya A’..udah mampir ke blog ku….
    pujiannya kurasa terlalu berlimpah ruah…
    itu juga masih tahap mengasah A’..
    btw..ketika aa’ sangat bete – boleh kusebut demikian? – menghadapi tulisan….
    rahangku malah bisa mengeras….
    ketika menghadapi dunia IT…saking bolotnya…hihihih
    semua yang kumiliki sekarang malah sangat pas-pasan….succes ya…teruslah belajar menulis…semua manusia pada dasarnya punya soul untuk itu….

    ruzzm4n: Tengkyu dona dah mo mampir… semua orang emang punya kelebihan dan kekurangan tinggal gimana kita bisa berbagi kelebihan yang kita miliki dan belajar untuk menutupi *memperbaiki* kelemahan kita *seperti saya belajar lewat tulisan dona🙂 *

  3. w@hyu Says:

    makasih ya Mas Aa, eh maksudnya Mas Ruz atas kunjungannya ke blogku. salam kenal ya🙂

    ruzzm4n: Sama-sama Mas Wahyu, makasih juga dah ngisi comment di profil saya.

  4. Bening Says:

    Oooo…Pantesan si Aa tersanjung😛 !!

    ruzzm4n: Hik.. hik.. hik… ketahuan deh…🙂 Tapi “Aa”-nya bening kan spesial… pake oncom… eh telor.. *emang surabi pake oncom* 🙂

  5. andhyxs Says:

    WAHHHHHHHHHHHHHHHH LUCUX PHOTOX TERTAWA DONKKKKKKKKKK

    ruzzm4n: Hehehe… tadinya malah mo pasang photo tukul biar tambah lucu.. tapi entar malah digugat sama yang empunya photo🙂

  6. japspress Says:

    Salam Kenal A’, hehehe… saya juga di Bandung nih… hehehe… dan sampe sekarang masih males buat pindah ke jakarta yang memang panas dan macet itu… hehehe (padahal bandung juga macet tiap weekend). Salam… -japs-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s