Bagi anda yang terbiasa membuat website dengan menggunakan aplikasi  content management system (CMS) mungkin sudah tidak asing lagi dengan joomla atau mambo. Saat tulisan ini dibuat ada dua versi joomla yaitu joomla versi 1.0.x dan joomla versi 1.5.x.

Kedua joomla tersebut secara prinsip sudah berbeda dimana jooomla 1.0.x masih  mengadopsi aplikasi cms lainnya yaitu mambo  sedangkan 1.5.x betul-betul dibuat dari awal walaupun masih ada code yang sama.Mengenai fitur lengkap dari kedua cms tersebut akan sangat panjang dan tidak akan dibahas disini.Kebetulan perusahaan saya akan membuat website baru dan berdasarkan beberapa pertimbangan akhirnya saya menginstall joomla 1.5.7. Instalasi berjalan sukses dan selanjutnya adalah tinggal membuat desain web, menu, konten dan lain sebagainya.

Namun sewaktu wesite tersebut dicoba ternyata ada masalah dimana link untuk conten tidak berfungsi dan selalu muncul error “404 not found”. Akhirnya saya coba cari di official website joomla namun tidak menemukan apa yang diacari sampai akhirnya saya coba cari  di google.

Dari hasil pencarian google saya masih belum menemukan titik terang sampai akhirnya saya menemukan forum yang sangat tepat membahas masalah ini di sini. Dan ternyata masalahnya ada pada versi PHP yang saya gunakan, dimana saya menggunakan php versi 5.04 sedangkan untuk PHP versi 5.1 hal ini tidak ada masalah.

Jadi cara yang paling mudah adalah dengan merubah code pada file /libraries/joomla/environment/uri.php sekitar line 719-736. Lalu cari “function _parseURL($uri)” dan rubah sebagai berikut :

Code:
function _parseURL($uri)
{
$parts = array();
if (version_compare( phpversion(), '8.4' ) < 0) //rubah nilai 4.4 ke 8.4
{

Setelah itu save file tersebut dan linknya sudah jalan normal. Semoga bisa membantu.