skype.jpgBagi pengguna instant messagging atau video conference mungkin sudah tidak asing lagi dengan skype, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna komputer untuk bisa saling berkomunikasi melalui voice layaknya kita menggunakan telepon biasa.

Aplikasi yang merupakan jaringan telepon internet (VoIP) ini biasanya diinstall pada perangkat yang tidak memiliki fungsi sebagai alat komunikasi seperti komputer atau notebook dan harus terhubung ke internet. Bagi anda yang mobile dan terbiasa dengan gadget dan tidak memiliki fungsi atau fasilitas komunikasi seperti produk Nokia Internet Tablet maka kehadiran skype sangat dibutuhkan.

N800 Untuk itu Nokia baru-baru ini telah mengumumkan bahwa mereka telah merilis Skype Internet-calling Software untuk N800 Wi-Fi tablet, yang meyediakan layanan alternatif untuk penggunaan panggilan telpon.

Dengan telah dirilisnya Skype untuk N800 ini akan semakin melengkapi fitur gadget ini dan semakin membuktikan dirinya sebagai komputer ‘ultra-compact’. Betapa tidak gadget yang menggunakan OS Opensuorce Linux Maemo ini kaya akan fitur seperti webcam, teknologi WiFi dan Bluetooth serta didukung oleh software yang mumpuni seperti browser Opera, email client, RSS newsreader, pemutar multimedia, games ditambah dengan serangkaian utility dan aplikasi yang lainnya. Untuk fitur lengkapnya bisa dlihat disini.

Namun untuk mengupdate N800 agar bisa menggunakan layanan Skype ini tidak selamanya mulus seperti yang kita harapkan *walopun tidak terlalu sulit juga*. Memang beberapa mengalami kesulitan dan harus melakukan reflashing dan meloading ulang semuanya. Namun kalau kita mengikuti prosedur secara benar kesalahan bisa diminimalisasi. Untuk itu sebelum melakukan update sebaiknya dibackup dulu. Berikut cara untuk update software tersebut.

Pengguna Windows

Instruksi untuk melakukan update secara otomatis pada Windows:

  1. Download software “Nokia Internet Tablet Software Update Wizarddisini lalu save dikomputer anda..
  2. Install “Nokia Internet Tablet Software Update Wizard” dengan menjalankan file Nokia_Internet_Tablet_Software_Update_Wizard.exe yang telah didownload.
  3. Selanjutnya untuk mengakses Nokia Internet Tablet Software Update Wizard pada komputer anda, buka menu Start dan pilih Program > Nokia > Nokia Internet Tablet Software Update Wizard > Nokia Internet Tablet Software Update Wizard.
  4. Lalu ikuti instruksi yang ada dilayar.

Pengguna Linux

Untuk pengguna Linux instalasi tidak terlalu rumit apabila sudah terbiasa dengan Linux dan berikut langkah-langkahnya :

  1. Download Linux flasher-3.0 pada komputer anda
  2. Pada komputer dan direktori yang sama download firmware image:
  3. Pada N800 cabut charger dan matikan Nokia N800. Lalu sambungkan N800 ke komputer melalui kabel USB.
  4. Pada komputer linux jalankan perintah dibawah ini sebagi root:

    ./flasher-3.0 -F RX-34_2007SE_4.2007.26-8_PR_COMBINED_MR0_ARM.bin -f -R

  • Selanjutnya pada console komputer akan muncul pesan “Suitable USB device not found, waiting”
  • Lalu pasang kembali charger pada N800 untuk menghidupkannya atau tekan tombol power.
  • Perhatikan pesan yang menyatakan bahwa image telah di load ke N800 dan selanjutnya N800 akan merestart secara otomatis.
  • Update selesai.

Selamat anda sekarang sudah memiliki gadget yang suda h tersedia layanan Skype dan bisa digunakan untuk melakukan komunikasi voice.