Seperti tahun-tahun sebelumnya perusahaan tempat saya bekerja selalu mengadakan turnamen olah raga badminton dalam rangka menyambut HUT RI. Dan setiap tahun saya selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut walaupun belum pernah jadi juara🙂. Namun pada turnamen kali ini diperkirakan saya absen dikarenakan sakit pada pergelangan tangan yang sudah berlangsung hampir 2 bulan dan tidak kunjung sembuh yang disinyalir sebagi carpal tunnel syndrome(CTS) yang merupakan salah satu gejala RSI.

Walaupun saya tidak bisa mengikuti turnamen tersebut namun saya masih berkesempatan berpartisipasi karena saya ditugaskan untuk membuat suatu aplikasi yang bertujuan menunjang kegiatan turnamen tersebut. Sebetulnya pada awalnya bukan sebuah aplikasi yang diminta namun hanya sekedar menampilkan setiap hasil dan kejadian pertandingan seperti klasemen dan jadwal pertandingan di web intranet.

Kalau tahun-tahun sebelumnya saya melakukannya secara manual yaitu dengan cara mengexport file worksheet yang dibuat atau diedit oleh panita ke dalam bentuk html lalu dipublish di web intranet *kadang cukup merepotkan, apalagi kalau update datanya berubah dengan cepat* maka untuk turnamen kali ini saya berencana untuk membuat aplikasi sendiri yang mana aplikasi tersebut bisa diedit sendiri oleh panitia *baik skor ataupun jadwal* dan setiap ada perubahan secara otomatis akan merubah posisi klasemen tanpa harus dibuat secara manual seperti sebelumnya.

Namun karena permintaanya mendadak dan waktunya juga sangat mepet akhirnya saya mencoba mencari solusinya di internet. Dan dari hasil pencarian tersebut saya menemukan beberapa aplikasi yang cocok baik yang berbayar atau free karena opensource. Dua diantaranya ternyata sangat cocok dan cukup bagus untuk digunakan pada turnamen diperusahan saya bekerja dan yang paling penting adalah bahwa aplikasi tersebut opensource. Aplikasi tersebut adalah php my sport dan CCleague Pro.

Untuk melihat kemampuan dan fitur dari kedua aplikasi opensource tersebut saya mencoba untuk menginstallnya di web intranet dan berikut ulasannya.

Instalasi

Kedua aplikasi tersebut sangat mudah sekali proses instalasinya. Yang dibutuhkan hanyalah web server seperti apache yang sudah support PHP 4 (atau lebih) dan MySql. Setelah aplikasi tersebut diextraxt di direktori yang kita inginkan selanjutnya tinggal melakukan proses instalasi dengan mengetikkan url sesuai dengan lokasi yang kita install tadi dan tinggal mengikuti langkah demi langkah sesuai petunjuk di layar.