wordpres.pngSeperti kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali layanan pendukung blog seperti MyBlogLog, PageRank, Technorati dan lain sebagainya. Dan dari semua layanan pendukung tersebut untuk menjalankan sebuah fasilitas yang mereka berikan kita diharuskan memasang sebuah kode di blog kita. Terkadang kode tersebut harus disisipkan dihalaman blog kita karena berupa “java script”.

Namun dari layanan blog yang ada sekarang seperti WordPress, BlogSpot/Blogger, Multiply dsb tidak semuanya menyediakan fasilitas atau hak akses untuk memasang script tersebut di halaman kita. Seperti WordPress *yang saat ini saya gunakan* tidak membolehkan usernya untuk menambahkan kode java script atau kode-kode lainnya dihalaman web kita dengan alasan keamanan. Sehingga kita tidak leluasa untuk merubah atau menambahkan tampilan blog kita. Bahkan untuk merubah CSS-pun kita tidak diperkenankan kecuali bayar.

Walaupun WordPress cukup bagus dan kaya akan fitur serta yang paling penting gratis *ini dia yang paling di demenin…🙂* namun sangat terbatas dalam hal akses. Kita hanya diperkenankan untuk merubah konfigurasi, data dan atau comment yang diposting serta tampilan yang terbatas. Sehingga kita tidak bisa merubah sebuah themes atau template dengan leluasa sesuai dengan keiinginan kita.

Agar kita bisa lebih leluasa (customize) dalam mengatur blog kita seperti merubah template, themes, memasukkan kode script dsb maka salah satu caranya adalah dengan menginstall sendiri blog software.

Apa itu Blog Software?

Berikut petikan yang dilansir dari Wikipedia :

Weblog software (also called blog software or blogware) is a category of software which consists of a specialized form of Content Management Systems (CMS) specifically designed for creating and maintaining weblogs.

Jadi Blog Software atau Blogware adalah software yang didesain khusus untuk menangani weblog *seperti membuat dan mengatur weblog * yang dibuat berdasarkan Content Management System (CMS) *yang bahasa buminya kira-kira suatu sistem yang mengatur dan mengelola suatu konten*.

Beberapa Aplikasi Blog Software

Aplikasi Blog Software saat ini sudah banyak sekali beredar di Internet mulai dari yang free sampai yang bayar. Mulai dari yang sederhana dan simpel sampe yang komplek dan kaya akan fitur.

Dari semua software yang ada pada prinsipnya hampir sama yaitu bagaimana mengatur suatu konten/posting yang sudah dibuat, diedit atau dikomentari lalu bagaimana cara menampilkan konten/posting tersebut. Yang membedakan adalah fitur yang ada didalamnya seperti layanan plugin, interface untuk post editor, kemudahan dalam pengaturan konten dan lain sebagainya.

Berikut beberapa contoh sotfware yang layak di coba dan free karena berlisensi GPL dan BSD. Data selengkapnya bisa dilihat disini :

Blog
Software
Minimum
Requirements
Max.
Weblogs
Post
Editor
Plugins/
Extensions
Post
Moderation
Comments
WordPress PHP 4.1
MySQL 3.23
1 Plugin Based Push-button yes yes
b2Evolution PHP 4.1
MySQL 3.23
Unlimited Plugin Based Drop-in yes yes
bBlog PHP 4.1
MySQL
1 Plugin Based Push-button No Threaded
BLOG:CMS MySQL 3.23
PHP 4.0.6
(or PHP 5.0.0)
Unlimited Textarea
HTML
Push-button Yes Yes
Nucleus PHP 4.1
MySQL 3.23
Unlimited Textarea
HTML
Plugin based
Push-button Yes Yes
pivot PHP 4.0.6 Unlimited Textarea
HTML
Textile
Hack No Yes
Serendipity PHP 4.1
MySQL 3/
PostgreSQL
Unlimited Textarea
HTML
Plugin Based
Push-button Yes Threaded
SPIP PHP 3
MySQL 3.23
Unlimited HTML Config Yes Threaded
TextPattern PHPMySQL Unlimited Textile Push-button Yes Yes

WordPress selain sebagai penyedia weblog yang ternama juga menyediakan layanan blogware yang bisa didownload gratis. WordPress yang saat ini telah merilis versi 2.2 adalah blogware yang fokus pada estetika, web yang standar *tidak neko2* dan kemudahan dalam penggunaan, menjadi salah satu blog software yang paling populer saat ini. Selain proses instalasinya yang mudah, pengoperasian yang tidak rumit juga kaya akan fitur seperti Widget yang merupakan salah satu fitur andalannya.

Blogware yang tidak kalah bagusnya dengan WordPress adalah b2Evolution yang mengklaim bahwa semua fitur weblog ada pada blogware ini. Selain itu b2Evolution terus melakukan peningkatkan fitur seperti manajemen file & poto, advanced skinning, multiple blog support dan lain sebagainya.

BBlog penuh dengan kesederhanaan namun mempunyai kemampuan untuk mencegah komen-komen spam dan yang membedakan dari software pada umumnya adalah semuanya dibuat menggunakan sistem template yang di sebut Smarty, yang membuat blog sangat mudah untuk di customize dan tidak memerlukan keahlian pemograman.

Sedangkan BLOG:CMS adalah blogware yang tidak hanya menyediakan fasilitas weblog tapi juga forum, wiki engine dan photo galleryis sehingga menjadikannya sebagai salah satu blogware yang sangat komplit. Kelebihan lainnya adalah “Standards compliance” yang memungkinkan berjalan hampir di semua browser seperti Mozilla, Firefox, Safari, Opera bahkan Internet Explorer dengan performance yang tinggi.

Sementara yang lainnya seperti Nucleus, pivot, Serendipity, SPIP dan TextPattern masing-masing mempunyai fitur yang tidak kalah menariknya disamping tampilannya yang bagus serta post editor yang user friendly. Berikut contoh beberapa layout dari blog software tersebut.

Pivot

Gbr 1: Layout Post Editor pada Pivot

CMS

Gbr 2: Layout Post Editor pada BLOG:CMS

Agar kita bisa menggunakan blogware tersebut maka kita harus menginstallnya pada suatu sistem komputer/server yang sudah terinstall web server seperti apache. Salah satunya adalah dengan menggunakan server layanan publik seperti Web Hosting *atau biasa disebut hosting saja* yang saat ini sudah banyak sekali perusahaan Hosting yang menyediakan layanan untuk personal.

Tips untuk memilih Blogware

Dari beberapa blogware yang telah disebutkan diatas maka untuk memilih blogware yang cocok harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas yang kita miliki.

  1. Untuk pemula yang baru belajar sebaiknya menggunakan blogware yang sederhana dan simple seperti bblog dan spip
  2. Untuk pemula yang membutuhkan tampilan dan fitur yang lebih bagus bisa menggunakan b2 Evolution
  3. Untuk yang advance dan membutuhkan fitur yang lengkap dan canggih bisa menggunakan WordPress
  4. Untuk yanb membutuhkan lebih dari sekedar Weblog maka bisa menggunakan BLOG:CMS.
  5. Bagi yang lebih menyukai tantangan maka bisa mencoba mengguankan TextPattern.

Pada uraian berikutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan proses instalasi step by step dari beberapa Blog Software tersebut. Dan setelah proses instalasi selesai maka kita akan mempunyai sebuah weblog yang betul-betul customize yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita.