Setelah sekian lama tidak “tergarap” akhirnya LDAP yang sudah lama tidak aktif akan diaktifkan kembali karena sudah semakin besarnya tuntutan akan adanya suatu sistem yang terpadu antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain, terutama untuk proses “pengesahan” (authentication). Sebetulnya proses instalasi dan konfigurasi sudah sejak lama dilakukan namun sempat terhenti karena masalah ketersediaan mesin yang handal dan memadai.

LDAP saya install pada mesin dengan OS (Operating System) FedocaCore 4 (Pada saat artikel ini dibuat telah direlease versi 7). Adapun LDAP yang digunakan adalah Fedora Directory Server versi 1.0.2-1 (based on OpenLDAP). Untuk instalasi tenyata tidak terlalu sulit. Namun untuk konfigurasi dan setup lumayan rada ribet juga.

Setelah tahapan instalasi selesai selanjutnya tahapan yang tidak kalah pentingnya yaitu tahapan setup dan konfigurasi. Tahapan ini yang “rada” perlu hati-2 dan teliti terutama bagi pemula seperti saya yang harus melakukannya berkali-kali sampai akhirnya benar-benar mengerti.Namun setelah LDAP dipasang di Komputer baru lalu servicenya dijalankan dan ternyata LDAP tidak bisa up (padahal sebelumnya sudah sempat jalan). Lalu saya cek permasalahannya.

Ternyata masalahnya ada pada saat menjalankan aplikasi tersebut. Dimana saya hanya menjalankan script start yang ada didirektori /opt/fedora-d/start dan langsung menjalankan script console manage, sehingga muncul error bahwa LDSP tidak bisa konek.

Setelah baca ulang manualnya ternyata prosesnya ada yang kurang dan seharusnya urutannya sebagai berikut :

Untuk menjalankan LDAP di server ltsp

  1. Jalankan script start slapd :
    #cd /opt/fedora-ds/slapd-ltsp
    #./start
  2. Jalankan script admin ->untuk menjalankan httpd.worker :
    #cd /opt/fedora-ds
    #./start-admin
  3. Baru jalankan console manager:
    #cd /opt/fedora-ds
    #./startconsole
  4. Setelah muncul windows untuk login tinggal isi sesuai dengan konfigursi yang sudah kita set sebelumnya :
    User id : cn=Directory Manager
    Password : ******
    Adminsitration URL : http://ldap.domainku.com:54540/
  5. Setelah klik OK lalu muncul windows “Fedora Management Console” dan FDS (Fedora Directory Server) siap digunakan.

Setelah semua tahapan itu selesai selanjutanya adalah membuat boot script agar bisa running pada saat Server direstart. Karena boot script ini tidak disertakan (atau mungkin saya yg belum menemukan lokasi boot scriptnya) dalam paket maka saya buat sendiri boot scriptnya.

Akhirnya mesin LDAP saya sudah jalan dan sudah bisa digunakan.Untuk download aplikasi bisa didownload di sini.
Untuk Instalasi Lengkap bisa dilihat di sini.
Sedangkan untuk Setup dan Konfigurasi bisa dilihat disini

Diartikel selanjutnya saya akan mencoba untuk menyajikan proses insatalasi dan setup FDS di Ferdora.