MotoGP Catalunya (Minggu 10 Juni 2007) kembali menjadi saksi aksi menegangkan antara dua pembalap papan atas MotoGP, SI juara dunia tujuh kali Valentino Rossi dan Casey Stoner. Rossi yang sebenarnya berada pada pole position tidak mampu mempertahankan posisinya sejak bendera mulai dikibarkan. Justru sebaliknya Stoner yang berada pada posisi ke 4 mampu menyodok kedepan dan pada tikungan berikutnya yang masih dalam lap pertama berhasil mengungguli Pedrosa dan berhasil menjadi yang terdepan.

Tidak banyak perubahan sejak lap pertama hingga kira-kira memasuki lap ke 10 dimana Rossi mampu berhasil menyodok ke urutan ke 2. Dan mulai lap ke 17 persaingan semakin sengit dimana Rossi dan Stoner mulai saling memperlihatkan kepiawaiannya dalam menunggangi motornya masing-masing. Mereka saling susul menyusul satu sama lain yang membuat penonton termasuk saya dibuat tegang dan sangat terhibur.

Susul menyusul terus terjadi hingga memasuki 2 lap terakhir. Namun sayang perseteruan yang sangat panas tersebut diakhiri Stoner dengan masuk garis finish pada urutan pertama yang disusul Rossi dibelakangnya yang terpaut hanya sekitar 0,059 secs. Sedangkan Pedrosa yang terus membuntuti diurutan ketiga tidak berhasil mengungguli ke dua pembalap tercepat sebelumnya.

Saya sebagai penggemar Rossi sebetulnya agak kecewa dengan kekalahan Rossi, namun pertandingan yang seru tersebut mampu mengurangi sedikit kekecewaan saya. Apalagi setelah pertarungan tinggal 2 lap lagi sebetulnya Rossi sudah berada di depan. Namun kembali ketangguhan Stoner dan motor Desmosedici dari Ducati mampu mengungguli Yamaha YZR yang ditunggangi Rossi di track lurus.

Sehingga sampai dengan seri ke 7 MotoGP, Stoner masih bertengger dipuncak klasemen sementara dengan 140 point diikuti Rossi dengan 126 point dan Pedrosa diurutan ketiga dengan nilai 98 point.

Walaupun Rossi tidak berhasil masuk finish diurutan pertama namun ia berhasil membuktikan bahwa ia tetap Juara Dunia yang tetap memberikan perlawanan yang sangat spektakuler bagi rivalnya tersebut. So GO…GO… GO… Rossi……