Mini Wind-Powered Phone ChargerSebelum memulai aktifitas rutin, seperti biasa saya sempatkan dulu untuk membaca beberapa informasi via Internet. Ada salah satu informasi yang menarik perhatian saya yaitu telah ditemukannya teknologi charger ponsel menggunakan tenaga angin.

Walaupun sebetulnya pemanfaatan tenaga angin untuk kerperluan sehari-hari saat ini bukanlah hal yang baru namun penemuan charger ponsel tenaga angin ini cukup bisa membantu orang-orang yang mobile. Terutama yang sering bekerja dilapangan dimana mereka membutuhkan sarana komunikasi yang handal namun terbentur sarana seperti charger yang tidak bisa digunakan karena terbatasnya atau tidak adanya tenaga listrik.

Hal ini juga sering saya alami tatkala pergi keluar kota menggunakan jasa bis atau kereta api dan kebetulan baterei di ponsel sudah tidak memadai untuk berkomunkasi. Karena seperti kita ketahui bahwa sarana transportasi umum kita saat ini belum mempunyai/menyediakan fasilitas stop kontak agar kita bisa menggunakan charger untuk mengisi baterei ponsel kita dan akibatnya komunikasi terpaksa terputus dan ponsel tidak bisa digunakan.

Orange, salah satu brand dari perusahaan France Telecom Group telah meluncurkan prototipe charger ponsel menggunakan tenaga angin. Alat yang mempunyai bobot sekitar 150gram dilengkapi dengan baling-baling berdiameter sekitar 30cm dan sebuah turbin yang mampu menghasilkan power sekitar 1/2 watt (sangat cukup untuk mengisi baterei ponsel). Power yang dihasilkan disimpan dalam sebuah “control box” yang bisa digunakan sekitar 1-2 jam.

Alat ini sangat cocok digunakan bagi orang-orang suka berkemah atau menonton konser yang terkadang harus menginap ditenda. Alat ini cukup dipasang di atas tenda dan biarkan dia menyimpan tenaga selama kita melakukan aktifitas di luar tenda. Begitu kita sampai ditenda maka baterai kita siap untuk diisi ulang.