Bagi anda yang menggunakan fetchmail untuk mengambil email dari ISP Server atau Komputer lokal mungkin anda pernah mengalamai beberapa msalah salah satunya adalah muncul error “fetchmail: Server CommonName mismatch: localhost != my.domain.ku”.

Hal ini terjadi pada fetchmail kami setelah melakukan migrasi dari Hosting lama ke Hosting baru. Error tersebut memang tidak berpengaruh pada proses pengambilan email tapi sangat mengganggu sekali apalagi pada waktu mau cek atau trouble shooting, lagi pula logfilenya menjadi sangat panjang.

Awalnya saya berpikir bahwa masalah ada pada fetchmail atau sisi client. Setelah mencari tahu ke sana kemari, tanya om google akhirnya saya menemukan link yang cukup bagus disini yang ternyata masalahnya ada pada sisi ISP bukan fetchmail atau client.

Berikut tips apabila terjadi error seperti diatas :

  • Gunakan nama server yang benar: gunakan nama server yang sesuai dengan ID certificate.
  • Gunakan option “sslfingerprint”: optin ini memerintah fetchmail untuk memvalidasi server certificate’s fingerprint
  • Perintahkan fetchmail untuk tdk melakukan negosiasi TLS: tambahkan sslproto ” pada konfigurasi fetchmail anda. Apabila sslproto tidak diisi maka fetchmail akan menggunakan protokol SSL/TLS default.

Karena saya menggunakan fetchmail 6.3.0 ketas maka solusi yang paling sederhana dan mudah adalah dengan menambahkan sslproto pada konfigurasi fetchmail. Lihat man fetchmail.

Setelah saya set option –sslproto ” lalu saya restart fetchmail dan akhirnya error tersebut tidak muncul lagi.