Awal Bulan Juni 2007 kemarin saya telah melakukan migrasi Web Hosting perusahaan dari perusahaan Hosting yang lama ke yang baru. Prosesnya perpindahan tersebut berjalan lancar dan tidak memakan waktu yang lama. Namun ada beberapa hal yang cukup membuat repot dimana saya harus membuat ulang semua email user satu-satu yang jumlahnya lumayan banyak.

Selain itu ternyata domain perusahaan saya tersebut expired pas 1 Juni 2007. Karena domain perushaan saya adalah .co.id maka saya coba hub. pihak pengelola domain di register.net.id . Setelah saya mencoba menghubungi mereka denga berbagai cara ternyata berlum ada jawaban juga dari pihak mereka. Akhirnya saya sempat kebingungan karena ditakutkan domain tersebut memang benar-benar expired pertang awal Juni tersebut.

Kalau domain tersebut ternyata tidak diperpanjang wah bisa kebakaran jenggot nih (padahal jenggot saya dah saya cukur pake…. ah entar disangka promosi lagi…). Bisa-bisa dikomplen orang sekantor dan tentunya sama bos hehehe.

Tapi Alhamdulillan ternyata domainnya masih bisa digunakan sampai batas yang tidak bisa ditentukan. Namun pointnya adalah bahwa sampai sekarang ko pengelolaan domain .id di Indonesia masih belum profesional dan kelihatannya pihak Depkominho masih belum serius menangani atau mengelola domain .id.

Kalau dari pihak pemerintah saja masih belum bisa secara serius dan profesional mengurus doamin .id bagaimana dengan nasib Internet di Indonesia. Akhirnya akan banyak orang yang lebih memilih domain .com atau yang lainnya selain .id.

Ya kita sebagai rakya bisa hanya bisa berharap mudah-mudahan dengan Menteri yang baru pengelolaan domian .id khususnya dan Internet pada umumnya bisa lebih baik lagi.