Saat ini musik tidak bisa terlepas dari kehidupan kita, baik itu dirumah, dimobil, tempat umum, kantor, bahkan sampai dikamar mandi. Mulai dari orang tua, remaja, anak-anak bahkan sampai bayi yang masih dalam kandunganpun mereka menyukai lantunan melodi yang keluar dari suatu musik.

Walaupun Jenis musik saat ini sangat beragam mulai dari dangdut, pop, rock, rap sampai klasik pada initnya semuanya sama. Ada not balok, ada chord ada melodi dll. Yang membedakan antara genre itu –menurut salah seorang pemerhati musik yang saya lupa lagi namanya– adalah hanya “feel”-nya saja. Ya “feel” itulah yang membedakan antara lagu dangdut dan klasik.

Dan apabila kita tidak hanya sekedar mendengarkan musik tapi juga mempelajari musik tersebut menurut penelitian akan menjadikan kita sedikit lebih pintar dibandingkan dengan hanya sekedar mendengarkan saja. Seperi belajar bermain piano, bergabung dengan band sekolah atau bernyanyi di paduan suara sekolah. Mengambil less gitar dan membentuk band sendiri akan membuat kita lebih kreatif.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 132 siswa SD di Canada dan melibatkan para pengamat yang berasal dari Universitas Toronto di Mississauga, menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar nyanyi atau memainkan alat musik instrument dapat memperoleh mental yang lebih baik dari anak-anak yang tidak belajar bermain musik

Bermain musik dapat mengajarkan anak-anak untuk dapat memperhatikan dan mengingat sesuatu dan dapat membantu memperbaiki koordinasi dan skil jasmani lainnya. Bermain musik merupakan pengalaman yang mungkin mempunyai hasil positif untuk membangun otak pada anak-anak.

Namun apakah bermain musik juga akan berpengaruh pada otak orang dewasa? Mengapa kita tidak mencoba? Jadi ambillah gitar, trombone, biola atau piano dan mulai mempelajari musik. Dengan mempelajari musik selain kita mengisi dunia dengan suara-suara yang indah kita juga bisa meningkatkan kemampuan otak kita.

Seperti yang saya lakukan beberapa waktu belakang ini. Entah bagaimana mulanya saya tertarik untuk belajar piano, yang jelas bukan karena “musik bisa meningkatkan kemampuan otak” tapi lebih karena fun saja. Padahal dulu saya lebih suka main drumb dibandingkan gitar atau piano. Kebetulan dikantor saya ada keyboard yang nganggur yang digunakan hanya untuk acara tertentu. Ga ada salahnya saya gunakan untuk latihan pas jam istirahat.

Namun karena kesibukan saya sehingga tidak ada waktu untuk kursus atau private. Lalu saya coba cari-cari kursus piano secara online di Internet. Dan saya menemukan salah satu tempat kursus online yang murah dan tentunya gratis namun hanya untuk pemula, selanjutnya harus bayar. Tapi tidak apa-apa toh saya juga masih pemula.

Setelah beberapa lama latihan akhirnya saya sudah bisa mulai memainkan lagu “Selamat Ulang Tahun”. Wah senengnya seperti anak kecil yang baru bisa berjalan. Akhirnya saya mulai tingkatkan dengan lagu-lagu kontemporer, yang lagi hit seperti lagu-lagu Radja, Samson dll.

Dan sekarang saya punya kebiasaan baru, yaitu mencari chord lagu-lagu kesukaan saya di Internet. Bagi yang membutuhkan chord tersebut dilain kesempatan akan saya coba share beberapa lagu. Tapi bagiamana dengan hak cipta? Apakah sama dengan men-share lagu MP3?